Niche market seperti namanya merupakan ceruk dalam sebuah pasar. Karna
ceruk inilah terkadang perusahaan-perusahaan tidak sadar bahwa walaupun
hanya sebuah ceruk tapi mempunyai potensi yang cukup menguntungkan bagi
perusahaan.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis ialah
dengan menggarap niche market atau ceruk-ceruk pasar khusus. Menggarap
ceruk pasar khusus (niche marketing) ini juga merupakan salah satu cara
yang terbukti cukup ampuh bagi para entrepreneur pemula agar bisa
survive dalam merintis bisnisnya. Sesuai namanya, niche market memang
bukan pasar yang massal yang populasinya sangat luas. Namun niche market
ini ceruk yang lebih spesial dan bisa digarap lebih dalam. Selain itu
target pasarnya lebih jelas dan karakteristiknya lebih homogen sehingga
memudahkan kita dalam melayani sektor ini. Kalau kita cukup jeli
sebenarnya di setiap segmen pasar selalu ada niche market yang bisa
dikembangkan dan digarap, hanya saja kita ini sering tidak menyadarinya
bahwa ternyata ceruk itu ada, sangat potensial dan bisa digarap jadi
duit. Kita baru tersentak setelah ada pelaku bisnis lain yang sukses
menekuni di ceruk pasar itu. Sebenarnya di Indonesia banyak sekali
contoh2 pelaku bisnis dan entrepreneur yang survive berkat kejeliannya
mengembangkan niche market (ceruk-ceruk pasar khusus) seperti itu.
Mungkin sudah ada yg familier dengan nama Frontier Markating Research,
dia sangat kuat untuk riset pemasaran di industri consumer good. Yang
jelas niche market ini bisa dicari dan dikembangkan di tiap industri,
hanya saja memang kita harus jeli dan realistik. Banyak enterepreneur
yang sukses dan bertahan lama di bisnisnya karena strategi ini. Sudah
banyak yang membuktikan bahwa dengan membidik ceruk-ceruk khusus itu
ternyata bisa ‘hidup’, survive, secara berkelanjutan. Kalau kita hendak
mengembangkan bisnis, kita tak perlu serakah dan bernafsu untuk melayani
semua segmen pasar sekaligus. Nggak usah kemaruk. Apalagi saat
perintisan. Selain sulit mengarahkan strategi kita, menggarap pasar yang
massal itu biasanya persaingannya lebih ketat karena umumnya pasarnya
sudah diketahui khalayak umum. Lebih baik memulai mengembangkan ceruk2
khusus (niche market) yang potensial dan dekat dengan kita, dan yang
kita sudah punya pengetahuan dan kompetensi untuk melayani pasar itu.
Dengan cara itu target market kita menjadi lebih jelas dan otomotis
lebih mudah mengarahkan bidikan termasuk program promosi. Tentu, kalau
kita sudah punya basis pasar yang kuat di niche market, bolehlah kita
mulai melirik pasar yang lebih besar. Jadi, cobalah memulai
mengembangkan niche market di dekat kita, siapa tahu ceruk itu menjadi
jembatan sukses yang tak terbayangkan sebelumnya.
Keuntungan mengembangkan niche market adalah:
1. Merupakan salah satu cara beriklan yang efektif karna terfokus pada kelompok pasar yang spesifik.
2. Jika memilih niche market, kompetisi akan berkurang sehingga akan mempermudah untuk memasarkan produk atau jasa kita.
3. Lebih mudah dan lebih murah untuk menjangkau konsumen yang akan
dibidik. Ini karena niche market mempunyai target yang sfesifik tidak
terlalu luas, sehingga perusahaan bisa lebih focus untuk mengembangkan
pasar tersebut.
4. Niche market memenuhi kebutuhan pelanggan yang unik, dengan
mengetahui masalah dan kebutuhan pelanggan yang unik perusahaan bisa
menawarkan sesuatu untuk memenuhi keinginan tersebut. Dan karena yang
ditawarkan itu yang dicari kebutuhan makan demand nya pun akan tinggi.
5. Niche market memungkinkan untuk membuat prduk atau sesuatu yang unik
dan menguntungkan. Jika kita sudah tau apa keinginan konsumen, apa
masalah yang sedang di hadapi maka berarti kita sudah menang satu
langkah. Karna makin banyak kita mengenal prospek, makin bagus peluang
kita untuk menawarkan sesuatu yang mereka butuhkan.
6. Memilih niche market berarti memilih bisnis yang unik. Jika kita
menawarkan sesuatu yang unik kepada pelanggan atau bisa jadi perusahaan
kita yang pertama membuat produk unik tersebut makan dijamin produk kita
akan di ingat lebih lama oleh para konsumen bahkan selamanya. Seperti
yang terjadi pada merk air mineral AQUA. Sampai sekarang orang-orang
menyebur air mineral dalam kemasan cenderung menyebut dengan sebutan
AQUA, padahal dluaran banyak sekali merk-merek air mineral namun
masyarakan cenderung mengingat aqua sebagai merek yang pertama kali
muncul.
7. Membidik niche market memungkinkan kita menjadi ahli dalam bidang
tersebut. Dengan membidik niche market mau tak mau kita jadi terpacu
untuk menggali informasi lebih dalam mengenai produk kita lebih dalam
sehingga bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan dari konsumen. Lama
kelamaan kita akan menjadi expert atau ahlinya dari produk tersebut.
8. Jumlah niche market tidak terbatas. Seperti kita ketahui disetiap
pasar sebenarnya terdapat ceruk-ceruk yang sangat potensial untuk
digarap. Jadi sebenarnya kita masih sangat banyak mempunyai peluang
untuk menggarap niche market dan mengembangkannya.
Contoh real dari pemanfaatan niche market adalah metro tv. Perusahaan
yang bergerak di bidang siara televise ini menggarap pasar yang
belumdisadari para kompetitorya yaitu akan kebutuhan informasi yang up
to date. Selai itu metro tv juga menyajikan siaran berita dalam berbagai
bahasa. Sudah jelas bahwa target pasar dari metro tv tidak luas atau
hanya cerk-ceruk saja yaitu orang-orang asing yang tinggal di Indonesia
namun tidak megerti bahasa Indonesia tapi tetap butuh akan informasi
yang upto date.
http://inamarwantina.wordpress.com/2011/07/07/niche-market/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar