Sabtu, 24 November 2012

AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION)

AIDA merupakan suatu singkatan yang sering digunakan dalam dunia pemasaran dan periklanan, yang menggambarkan tahapan-tahapan keadaan atau respon seorang konsumen terhadap suatu produk. AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action.
·         A – Attention (Perhatian / Kesadaran):
Tahap menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk yang ditawarkan.
·         I – Interest (Ketertarikan)
Tahap meningkatkan ketertarikan konsumen. Biasanya  dengan menjelaskan manfaat / keuntungan dari produk tersebut.
·         D – Desire (Keinginan / Hasrat)
Tahap meyakinkan konsumen agar mereka ingin memiliki produk atau jasa yang ditawarkan, sesuai dengan kebutuhan mereka.
·         A – Action (Aksi)
Tahap mengarahkan konsumen agar mengambil aksi dalam keputusan pembelian.
Lalu AIDA mulai berkembang menjadi AIDCAS (Attention, Interest, Desire, Confidence, Action, Satisfaction).
·         C – Confidence (Kepercayaan / Keyakinan)
Tahap meyakinkan konsumen agar konsumen tersebut percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka.
·         S – Satisfaction (Kepuasan)
Tahap memuaskan konsumen sehingga mereka menjadi pelanggan dan memberikan arahan / masukan terhadap produk tersebut.
Kemudian, dikelompokan menjadi 3 tahap yaitu CAB (Cognition, Affect, Behavior).
·         C – Cognition (Kognisi) meliputi Awareness (Kesadaran) dan Learning (Pengetahuan).
·         A – Affect (Pengaruh) meliputi Feeling (Perasaan), Interest (Ketertarikan), dan Desire (Keinginan)
·         B – Behavior (Perilaku) meliputi Action (Aksi).
Setelah itu, berkembang lagi dan lahirlah teori yang dinamakan TIREA (Thought, Interest, Risk, Engagement, Action)
·         T –Thought (Pemikiran)
·         I – Interest (Ketertarikan) meliputi Desire(Keinginan)
·         R – Risk (Resiko) meliputi Evaluation (Evaluasi)
·         E – Engagement (Perjanjian): sebuah respon emosional ketika      Ketertarikan dan Keinginan melebihi resiko.
·         A – Action (Aksi): sebuah respon fisik untuk memperoleh      sesuatu yang diinginkan dan bersedia menanggung resiko.
 
 
 http://boetarboetarzz.blogspot.com/2012/11/aida-attention-interest-desire-action.html
 
 
 
 
 

1 komentar: