Sabtu, 01 Desember 2012

PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Dalam penelitianini yang dilihat adalah pesatnya perkembangan teknologi, salah satunya adalah penggunaan internet di kalangan mahasiswa. Internet dalam pengelolaan pendidikan setidaknya dapat berfungsi sebagai sumber informasi, komunikasi, interaksi, kolaborasi, teknologi administrasi. Prestasi belajar digambarkan sebagai tingkat penguasaan mahasiswa terhadap sasaran belajar pada topik bahasan yang didipelajari, dieksperimenkan, yang diukur berdasarkan jumlah skor tertentu. Ada kemungkinan rendahnya nilai kompetensi siswa disebabkan oleh strategi penyampaian pelajaran kurang tepat. Artinya dosen dalam menyampaikan pengajaran sering mengabaikan penggunaan media, padahal media itu berfungsi untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan pada gilirannya akan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Dalam hal ini penggunaan internet yang dapat mempengaruhi prestasi prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan internet berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa,karena Fhitung>Ftabel atau 43,53.> 4,00. Persamaanregresipenggunaan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah  Ŷ =43,53+ 1,03X. Kontribusi variabel penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswaa dalah 20,7 % sedangkan 79,3% ditentukan oleh variabel lain.  Penggunaan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa tergolong kuat karena tingkatsignifikannya 7,770 dan jika dibandingkan t tabel = 1,671 maka didapat 7,770 > 1,671 dan itu membuktikan bahwa penggunaan internet mempunyai hubungan yang kuat terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Dengan demikian penggunaan internet memberikan sumbangsih atau kontribusi yang baik terhadap prestasi belajar mahasiswa yaitu sebesar 20,7%. Untuk itu hasil penelitian ini menginformasikan bahwa penggunaan internet mempunyai kaitan yang positif terhadap prestasi belajar mahasiswa.

source : http://hiskiamanggopa.wordpress.com/2012/03/13/pengaruh-penggunaan-internet-terhadap-prestasi-belajar-mahasiswajurusan-pendidikan-bahasa-inggris-fbs-unima-j-r-tuna-fbs-unima-nidn-0005095809/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar