Dalam penelitianini yang dilihat adalah pesatnya perkembangan teknologi,
salah satunya adalah penggunaan internet di kalangan mahasiswa.
Internet dalam pengelolaan pendidikan setidaknya dapat berfungsi sebagai
sumber informasi, komunikasi, interaksi, kolaborasi, teknologi
administrasi. Prestasi belajar digambarkan sebagai tingkat penguasaan
mahasiswa terhadap sasaran belajar pada topik bahasan yang didipelajari,
dieksperimenkan, yang diukur berdasarkan jumlah skor tertentu. Ada
kemungkinan rendahnya nilai kompetensi siswa disebabkan oleh strategi
penyampaian pelajaran kurang tepat. Artinya dosen dalam menyampaikan
pengajaran sering mengabaikan penggunaan media, padahal media itu
berfungsi untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan pada
gilirannya akan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Dalam hal ini
penggunaan internet yang dapat mempengaruhi prestasi prestasi belajar
mahasiswa.
Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan internet
berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa,karena
Fhitung>Ftabel atau 43,53.> 4,00.
Persamaanregresipenggunaan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa
adalah Ŷ =43,53+ 1,03X. Kontribusi variabel penggunaan internet
terhadap prestasi belajar siswaa dalah 20,7 % sedangkan 79,3% ditentukan
oleh variabel lain. Penggunaan internet terhadap prestasi belajar
mahasiswa tergolong kuat karena tingkatsignifikannya 7,770 dan jika
dibandingkan t tabel = 1,671 maka didapat 7,770 > 1,671 dan itu
membuktikan bahwa penggunaan internet mempunyai hubungan yang kuat
terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Dengan demikian penggunaan internet memberikan sumbangsih atau
kontribusi yang baik terhadap prestasi belajar mahasiswa yaitu sebesar
20,7%. Untuk itu hasil penelitian ini menginformasikan bahwa penggunaan
internet mempunyai kaitan yang positif terhadap prestasi belajar
mahasiswa.
source : http://hiskiamanggopa.wordpress.com/2012/03/13/pengaruh-penggunaan-internet-terhadap-prestasi-belajar-mahasiswajurusan-pendidikan-bahasa-inggris-fbs-unima-j-r-tuna-fbs-unima-nidn-0005095809/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar