Sabtu, 01 Desember 2012

3 JENIS RESIKO SERTA PENGENDALIAN MAHASISWA


1.       RESIKO AKADEMIS:
·         Tugas Banyak
Nilai tugas biasanya banyak diambil oleh dosen, sehingga  mendapatkan banyak tugas,  jadi jangan menunda untuk mengerjakan tugas  agar tidak menumpuk. Dan juga sebaiknya mencatat tugas di buku khusus agar tidak lupa
·          Ketinggalan informasi
Harus aktif  mencari tahu sendiri agar update informasi. Karena berbagai informasi akademis maupun non akademis biasanya diberitahukan secara online melalui website universitas.
·         Mendapatkan IPK kecil
Harus lebih banyak belajar dan bertanya agar memahami pelajaran. Karena pelajaran saat kuliah mulai sulit dan kita tidak siap menghadapinya, bisa menyebabkan nilai kita kecil.
2.       RESIKO KESEHATAN:
·         Kesehatan yang melemah
Mahasiswa harus bias membagi waktu untuk mengerjakan tugas dan istirahat selain itu juga harus makan yang bergizi. Karena jadwal perkuliahan yang padat biasanya menyebabkan mahasiswa mengalami pola makan yang tidak teratur dan kurang tidur sehingga menjadi lemah dan gampang sakit.
3.       RESIKO PERGAULAN:
·         Pergaulan negatif
Ketika menjadi seorang mahasiswa kita akan memasuki tahap peralihan, di SMA yang biasanya penuh dengan peraturan kini beralih menjadi lebih bebas, selain itu ada jiga mahasiswa yang tinggal di tempat kost. Akibat peralihan dan peraturan yang lebih bebas ini bisa menyebabkan kita salah bergaul dan nantinya akan mengarah ke pergaulan negatif seperti narkoba dan sex bebas, untuk menanggulanginya kita harus pintar dalam mencari teman dan bergaul, harus bisa menjaga diri dan yang paling utama adalah selalu beribadah dan dekat kepada Tuhan YME agar iman dan pendirian kita kuat sehingga tidak mudah terpengaruh hal-hal yang negatif.

SOURCE : http://delyaputri.blogspot.com/2011_05_01_archive.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar