Sabtu, 26 Mei 2012

Perkembangan Sepak Bola di Indonesia

Sepak bola di Indonesia erat kaitannya dengan organisasi terbesarnya , PSSI . PSSI yang berdiri pada 19 April 1930 dengan nama awal Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Ketua umum pertamanya adalah Ir. Soeratin Sosrosoegondo.Faktanya dimasa masa keemasan Widodo C Putra , Indonesia sempat dipandang sebagai kekuatan terbaik di Asia khusunya Asia Tenggara .
Namun sekarang faktanya indonesia bukan apa apa lagi di Asia , namun untuk level Asia Tenggara Indonesia masih diakui . Pengakuan ini bukan tanpa alasan, Lihat bagaimana konsistensi serta visi dan misi seluruh pasukan merah putih pada ajang piala AFF. Walaupun gagal menjadi Juara dan hanya menjadi finalis , banyak pengamat sepak bola di negeri ini mengatakan bahwa ini adalah titik awal bangkit nya sepak bola Indonesia .
Muncul idola idola baru di timnas , sebut saja Oktovianus Maniani , Ahmad Bustomi , Cristian Gonzales , Markus Horison dan tentunya Irfan Bachdim . Khusus untuk nama terakhir bahkan sering tampil di Televisi dalam acara acara Talk Show . Perjuangan pasukan merah putih di piala AFF lalu juga mendapatkan Apresiasi yang sangat besar dari Bapak Presiden Indonesia , Susilo Bambang Yudhoyono .
Beberapa kali beliau datang ke stadion bersama ibu Negara untuk mendukung secara langsung perjuangan Timnas Indonesia menjadi Juara piala AFF . Namun apa daya , Timnas Indonesia malah Takluk di tangan Malaysia dan membuat banyak supporter merasa kecewa dengan kinerja PSSI yang saat itu masih berada di tangan Nurdin Halid .
Hari berganti hari , Beberapa kali konggres dilaksanakan , dari mulai ricuh karena oknum oknum tertentu sampai melenggang mulus dan menampilkan sang ketua umum PSSI yang baru . Ya , Ketua Umum PSSI sejak 9 Juli 2011 adalah Djohar Arifin Husin.Besar harapan kiranya PSSI di nahkoda yang baru dapat menjadikan timnas Indonesia dan juga persepak bolaan Indonesia dapat disegani di pentas Asia maupun Dunia .
Tugas besar sebenarnya sedang menanti Ketua Umum PSSI yang baru tersebut , Yakni meloloskan Indonesia ke Kualifikasi Piala Dunia , Serta menyusun konsep Liga yang bakalan dilangsung kan karena kemungkinan bergabungnya 2 kompetisi yang ada di PSSI , yakni ISL yang masih selalu mengharapkan dana APBD , dan disatu sisi ada LPI yang mempunyai dana mandiri.
Ketika semuanya berjalan dengan baik dan teratur , bukan tidak mungkin sepak bola Indonesia bisa berbicara banyak di pentas Dunia . Baru baru ini negeri kita tercinta banyak kedatangan pemain pemain dunia kelas wahid , Sebut saja kapten belanda , Geovanni van Brochost dan Cesc Fabregas , Setidaknya kedatangan mereka berdua dapat memberikan pelajaran bagi setiap pungawa timnas untuk berbuat lebih bagi negara dan dapat membawa Indonesia ke jenjang yang lebih tinggi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar