Sabtu, 26 Mei 2012

Peranan Pasar Dalam Pemasaran Produk dan Jasa

Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Tujuan Pemasaran
Tujuan pemasaran adalah agar produk sampai ke tangan konsumen. Setiap produsen menginginkan barang dan jasa yang diproduksi dengan biaya yang tidak murah dapat segera sampai ketangan konsumen dan memberikan keuntungan dalam prosesnya. Guna meraih tujuan ini, maka digunakan mekanisme pasar atau pemasaran. Mekanisme yang dilakukan adalah melalui pasar, yakni tempat pertemuan penawaran dan permintaan yang akan menyebabkan terjadinya harga.
Sistem Ekonomi
Pada situasi perekonomian zaman dulu dikenal dengan istilah economics of scarcity dimana saat itu jumlah barang kebutuhan yang dihasilkan masih belum begitu banyak dan jarang (scare) maka setiap barang yang diproduksi selalu terserap di pasar. Peranan pasar pada situasi tersebut adalah sebatas tempat menjual. Situasi demikian ini dikenal dengan istilah seller’s market, artinya pasar milik penjual/ produsen karena setiap barang yang dihasilkan selalu laku terjual. Para penjual berkuasa dan dapat mempermainkan pasar. Adanya revolusi industri di Inggris menimbulkan berbagai penemuan baru dalam teknik produksi yang dapat menghasilkan barang dan jasa secara besar-besaran.
Pentingnya Memahami Apa Kebutuhan Pelanggan
Kecenderungan produsen adalah membuat barang sebanyak banyaknya tanpa memperhatikan konsumen, yang pada gilirannya pasar dibanjiri oleh barang- barang tersebut. Situasi seperti ini dikenal dengan istilah economics of relative plenty yakni barang-barang kebutuhan relatif banyak dibanding dengan konsumen yang memerlukan. Kondisi seperti itu semakin meruncing dan persaingan antar produsen semakin ketat guna mendapatkan bagian pasarnya. Keadaan seperti ini disebut buyer’s market artinya pasar milik konsumen. Pada gambar berikut terlihat suatu keadaan dimana konsumen memiliki kebebasan untuk memilih dan menentukan permintaannya.
Pembeli Memiliki Kebebasan Untuk Memilih
Gambaran tersebut diatas pada dasarnya akan mendorong para produsen untuk berfikir dan mengatur strategi yang jitu melalui pengamatan yang jeli tentang selera konsumen dan kebutuhan konsumen, sehingga produk yang dihasilkan dapat lancar terserap pasar. Pasar yang semula sebatas tempat menjual dengan konsumen
yang sudah tersedia banyak, saat ini pasar adalah tempat untuk memperebutkan permintaan. Peranan pasar adalah untuk menjaga keseimbangan permintaan dan penawaran agar terjadi harga. Untuk itu dalam upaya mendapatkan konsumen kegiatan pemasaran haruslah mengacu pada pasar.

sumber : http://www.smakristencilacap.com/arti-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran/peranan-pasar-dalam-pemasaran-produk-dan-jasa/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus